Cara Buat Animasi Web dengan Flash

Posted: August 8, 2010 in Uncategorized
Tags:

Membuat Animasi Web dengan Flash

Flash adalah program grafis multimedia keluaran Macromedia yang banyak dipakai untuk pengembangan situs web yang interaktif dan kebanyakan digunakan untuk membuat gambar bergerak/animasi (lengkap dengan suara). Untuk memahami animasi di flash, haruslah mengerti apa itu tweening?

Tweening berasal dari kata ‘between in’ (diantara). Dalam flash, tweening adalah istilah yang digunakan untuk animasi. Dengan tweening kita bisa memindahkan objek/symbol dari satu titik ke titik yang lain, lalu flash melakukan animasi diantara kedua titik tersebut. Selain itu, tweening juga  bisa melakukan pemutaran objek ketika bergerak (seperti roda), objek yang  berganti warna, objek yang memudar dan lain-lain. Kita akan memulainya dengan tweening yang pertama, yaitu Motion Tween (jangan khawatir, ini mudah,sederhana dan menyenangkan). Ikutilah langkah-langkah berikut ini:

ATUR MOVIE

Pengaturan movie dapat dilakukan melalui Movie Properties. Klik menu Modify > Movie…, isikan Width: 200 px, Height: 100 px dan Background Color: Hitam.

MENGATUR DAN MENULIS TEKS

Aturlah huruf yang akan dituliskan, klik menu Text > Character…, lalu pilih Arial Black pada bagian Font dan ukurannya: 14. Kemudian pada bagian Colors yang terletak di bagian kiri layar Flash, klik Text Tool , dan tulislah kalimat ‘NeoTek’ di Movie.

MEMBUAT SYMBOL

Sebelum bisa dianimasikan, tulisan tersebut harus diubah menjadi symbol. Klik Arrow Tool yang terdapat pada bagian Colors, lalu klik pada tulisan untuk memilihnya. Selanjutnya, klik menu  Insert > Convert to Symbol…, isikan name: Neotek, lalu pilih Graphic pada bagian Behaviour dan klik tombol OK. Maka akan terlihat tanda plus (+) ditengah tulisan yang menandakan tulisan tersebut sudah menjadi symbol.

MENGATUR TIMELINE

Timeline terletak diatas Movie, terdiri dari frame-frame.

Sekarang klik pada frame 15 lalu klik menu Insert > Keyframe untuk memberikan Keyframe pada frame 15. Lakukan hal yang sama pada frame 30.

MEMPERBESAR TULISAN

Klik pada frame 15, lalu klik menu Modify > Transform > Scale and Rotate…, isikan Scale: 150 %, lalu klik tombol OK.

ANIMASI TULISAN

Inilah saatnya untuk memberikan animasi. Klik pada frame 1 lalu pilih menu Modify > Frame…, pilihlah Motion pada bagian Tweening. Lakukan hal yang sama pada frame 15.

JALANKAN ANIMASI

Motion Tween ditunjukkan dengan frame berwarna ungu dan garis panah yang menunjuk dari titik hitam ke titik hitam lainnya . Sekarang klik menu Control >Test Movie untuk menjalankan animasi.

TAMBAHKAN EFEK TINT

Hentikan animasi yang telah dijalankan, sekarang kita akan menambahkan sedikit efek pada animasi yang sudah kita buat tadi. Klik pada frame 1, lalu klik menu Window > Panels > Effect, Pilihlah Tint pada drop-down menu dan Tint Color: Biru. Lakukan hal yang sama pada frame 15 dengan Tint Color: Merah dan frame 30 dengan Tint Color: Ungu.

MENAMBAHKAN SUARA

Agar tampak lebih cool, tambahkan suara ketika animasi dimainkan. Klik pada frame 1, lalu klik menu Window > Common Libraries > Sounds, maka daftar Libray Sounds yang telah disediakan Flash akan tampil, pilih salah satu, misalnya: Beam Scan. Drag ke atas tulisan ‘NeoTek’ yang berada di Movie.

PUBLIKASI KE BROWSER

Sebelum dipublikasikan simpanlah terlebih dahulu animasi yang telah dibuat, klik menu File > Save As…. Selanjutnya, untuk menampilkan di browser, klik menu File > Publish Preview > HTML. Maka sekarang anda sudah mempunyai file neotek.html.

Daftar Istilah:

Motion Tween: Jenis tweening yang berfungsi menggerakkan objek dari satu tempat ke tempat yang lain atau bisa juga dengan mengubah ukuran dari yang kecil menjadi besar atau sebaliknya.

Movie: Layar atau tempat menempatkan semua objek yang akan dianimasikan, sering disebut dengan Stage.

Symbol: Objek dalam Flash, sehingga objek tersebut bisa dianimasikan, bisa berupa Movie Clip, Button dan Graphic.

Timeline: Tempat pengaturan timing (waktu) animasi, yang terdiri dari frame-frame.

Keyframe: Ini ditandai dengan titik hitam tebal pada frame, jika kita memasukkan Keyframe pada frame, berarti mengkopi frame sebelumnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s